logo deepublish store terbaru

7 Contoh Pembukaan Presentasi Menarik: Individu & Kelompok

contoh pembukaan presentasi

Untuk yang masih ragu dan takut membuka presentasi, berikut ada contoh pembukaan presentasi kelompok atau individu yang baik dan Mudah digunakan. Opening presentasi ini bisa sangat bermanfaat khususnya untuk kalian yang kuliah dan sering ada tugas presentasi.

Mungkin bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan presentasi, menjadi pembuka presentasi adalah hal yang mudah dan biasa. Namun, bagi yang baru pertama kali, tentu ini akan berbeda. Pasti akan merasa kebingungan dalam merangkai kalimatnya, bahkan menjadi banyak jedanya. Alhasil presentasi dibuka dengan biasa saja sehingga menjadi kurang menarik audiens.  

Sayang sekali kan, materi yang sudah kamu persiapkan matang-matang, tetapi dari awal presentasi dibuka malah tidak mendapat dukungan dari audiens? Supaya hal itu tidak terjadi, yuk kita sama-sama belajar cara membuka presentasi yang baik. Simak selengkapnya pada ulasan berikut ini, ya. 

Pembuka Presentasi Penting untuk Menarik Audiens

Presentasi pada dasarnya adalah kegiatan memberikan informasi, ide, atau lainnya kepada orang banyak dengan atau tanpa menggunakan media. Nah, kegiatan ini selain perlu mempersiapkan materi-materi yang menunjang juga menuntut kamu untuk paham akan cara membuka presentasi yang baik. Hal-hal kecil seperti ini malah terkadang diabaikan. Padahal, ini penting loh untuk menarik perhatian audiens. 

Mengapa sih perhatian audiens itu penting untuk presentasi? Pertanyaan itu pernah terlintas di benakmu, kan? Kira-kira kenapa, ya? Dalam presentasi orang yang menjadi tujuan penyebaran informasi adalah audiens. Mereka akan kita arahkan untuk mengikuti topik dan pembahasan yang kita berikan. 

Fokus audiens di awal presentasi akan membuatmu lebih mudah untuk menyampaikan gagasan. Ketertarikan mereka memang sangat memengaruhi keberjalanan presentasi. Jadi, jika perhatian audiens tidak pada presentasi, jalannya presentasi bisa dinilai kurang berkesan. Pertahankan fokus audiens dengan cara pembukaan presentasi yang menyentuh emosi mereka. 

Cara pembukaan presentasi

Cara membuka presentasi bisa loh mencerminkan keterbukaan kita terhadap kehadiran audiens. Hal ini karena jika kita riang dan semangat, maka aura positif dari diri kita akan membuat audiens ikut bersemangat. Dengan itu, mereka akan punya alasan untuk tertarik pada presentasimu. Begitu juga sebaliknya. 

KHUSUS HARI INI: 3 Ebook Gratis, Cara Meningkatkan Penjualan Produk [Terbaru]: Download Ebook

Apabila audiens sudah menaruh semua perhatian pada presentasi, dapat dipastikan presentasi akan berjalan dengan baik bahkan meriah hingga akhir presentasi. Dengan begitu, kunci suksesnya presentasi bisa didapat dari cara kita memulai presentasi. 

Membuka obrolan seperti presentasi ini bisa kamu mulai nih dengan menggunakan kalimat-kalimat yang memotivasi. Kalimat tersebut bisa berupa kutipan, ya. Cara lainnya bisa dengan salam, tayangan video, perkenalan, pertanyaan, data/pernyataan, langsung pada inti presentasi, atau bahkan menceritakan pengalaman pribadi. Namun, perlu diingat hal itu tentunya disesuaikan dengan topik dan kondisi terkini para audiens.

Jadi, jika disimpulkan secara ringkas, cara pembukaan presentasi ada beberapa cara sebagai berikut.

  • Berikan Kejutan
  • Ajak Peserta untuk Membayangkan atau Memikirkan
  • Pakai Kutipan atau Pepatah
  • Gunakan Teknik Bercerita 
  • Lempar Pertanyaan Kepada Peserta
  • Gunakan Data Statistik
  • Gunakan Video
  • Paparkan Permasalahan
  • Bagikan Pengalaman
  • Mulai Presentasi dengan Pembahasan Tentang Masa Depan atau di Masa Lalu

Contoh Pembukaan Presentasi

Berikut ini ada beberapa contoh pembukaan presentasi yang baik dan benar serta banyak jenisnya juga sehingga bisa bergantian untuk penggunaanya supaya tidak bosan.

Kalimat Pembukaan presentasi dengan kutipan  

“Ada sebuah pepatah dari Mahatma Gandhi mengenai masa depan. Bunyinya seperti ini, “masa depan bergantung pada apa yang kita lakukan hari ini”. Jadi, jika kita di sini untuk belajar bersama, kita berada di tempat yang benar untuk selangkah lebih maju dalam menggapai masa depan.”  

Pembukaan presentasi dengan salam

“Selamat pagi semuanya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Shalom Om Swastiastu. Namo Buddhaya. Salam kebajikan. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya kita bisa berkumpul di sini.”  

Pembukaan presentasi dengan perkenalan 

“Halo semuanya, perkenalkan saya Putra dari jurusan Pendidikan Seni Rupa. Pagi ini saya ingin mempresentasikan mengenai sejarah kain di dunia selama 30 menit ke depan. Bagi teman-teman yang nantinya ingin bertanya dapat disampaikan setelah pembahasan selesai.” 

1 Step 1
Apa yang anda nantikan ketika memasuki bulan ramadhan
Saya Menunggupick one!
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right
FormCraft - WordPress form builder

Pembukaan presentasi dengan pertanyaan 

“Capek, stuck di satu moment? Males ngapa-ngapain? Kenapa ya jadi sering malas? Kok sekarang malah jarang produkti? Jiwa magernya gede banget ya? Kapan produktifnya? Kok bisa sih dia produktif terus? Gimana dong nanti masa depanku kalau aku kaya gini terus? 

Yaaa, itu adalah beberapa pertanyaan yang sering keluar ketika kamu dan yang lainnya ada di tahap males ngapa-ngapain alias ga bisa produktif. Kalo kamu benar mengalami itu berarti kamu ada di tempat yang cocok untuk keluar dari kondisi tersebut. 

Dengan ikut webinar ini kamu sudah termasuk langkah kecilmu untuk produktif kembali. DI webinar ini nantinya kamu bisa memperoleh tips dan kiat untuk tetap produktif dan menumbuhkan semangat produktif ini.” 

Pembukaan presentasi dengan pernyataan  

“Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, data kematian yang diakibatkan rokok di seluruh dunia mencapai 3 juta. Dari jumlah tersebut sebanyak 890 ribu merupakan perokok pasif. Angka tersebut berarti hampir 30% dari jumlah keseluruhan. Angka yang cukup besar, bukan? Maka dari itu, pada pagi ini saya akan menyampaikan presentasi dengan topik bahaya rokok.”   

Pembukaan presentasi dengan langsung pada inti presentasi

““Halo semuanya, selama 30 menit ke depan saya akan menyampaikan informasi mengenai skema pembayaran ukt. Bagi para mahasiswa baru, dimohon untuk tetap kondusif dan menyimak betul-betul informasi ini. Apabila nanti ada yang dibingungkan, dapat bertanya dalam sesi tanya jawab.” 

Pembukaan presentasi dengan cerita pengalaman pribadi 

“Dulu saya pernah gemar berbelanja tanpa memperhatikan nilai dari barangnya dan kebutuhan, alias belanja karena keinginan saja. Bertahun-tahun saya lakukan itu dan ternyata itu sangat memengaruhi kondisi keuangan saya. Sementara itu, barang yang pada akhirnya tidak dipakai menjadi menumpuk. Mental saya menjadi kacau karena terus memikirkan cara untuk mewujudkan kesenangan saya itu, tetapi badhabit ini tidak kunjung sembuh. 

Akhirnya, saya coba pelajari hidup minimalis. Cari referensi dari buku, sosial media, youTube, tanya-tanya ke temen, dan sebagainya. Saya terus berusaha untuk menerapkan gaya hidup ini. 

Ya, meskipun banyak sedihnya juga karena harus merelakan banyak barang saya untuk decluttering, kegiatan menyortir barang. Barang itu kemudian saya isumbangkan ke orang yang lebih membutuhkan. Alhasil, mental saya semakin membaik begitu pula finansial. 

Daftar Reseller

Nah mungkin dari teman-teman di sini pasti ada kan yang mengalami hal yang sama seperti saya. Tidak apa. Hal ini sebenarnya wajar. Jadi, mari kita benahi diri lewat informasi mengenai minimalist living (hidup minimalis) berikut ini.” 

Salam-Salam yang bisa digunakan saat presentasi

Lazimnya, salam-salam yang digunakan saat presentasi berupa ucapan selamat pagi, siang, sore atau malam. Namun, sebelum itu juga bisa menggunakan salam secara agama terlebih dahulu. Selanjutnya, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para audiens atas kehadirannya. 

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua.” 

Setelah itu, perkenalkan diri bisa dengan nama saja atau mungkin ditambahi posisi dan asal instansi. Tidak lupa, sampaikan tujuanmu sekaligus durasi waktu yang akan kamu gunakan untuk menyampaikan materi presentasi. Setelah itu, bahas sedikit gagasan/topik dan manfaat yang bisa diperoleh para audiens dari presentasi ini.  

“Saya Olive sebagai staf marketing dari (nama perusahaanmu). Di sini saya akan menyampaikan beberapa hal mengenai …. selama 30 menit ke depan.” Topik ini tentunya berguna untuk mengembangkan skill marketing penjualan produk kita. Oleh karena itu, mohon disimak baik-baik.” 

Rekomendasi Buku Ilmu Komunikasi

Buku Pengantar Ilmu Komunikasi Buku Pengantar Ilmu Komunikasi Sebuah Pendekatan Buku Pengantar Ilmu Komunikasi

Dapatkan Buku-Buku Iklan dan Ilmu Komunikasi di Buku Komunikasi

Contoh pembukaan presentasi

Kalimat pembukaan presentasi ada baiknya jangan yang panjang-panjang, ya. Jadi, audiens bisa cepat paham dengan ucapanmu. Sementara itu, contoh pembukaan presentasi bisa saja berbeda karena jumlah pihak yang terlibat dalam presentasi. 

1. Presentasi Individu

Presentasi individu merupakan presentasi yang dilakukan oleh individu. Dengan kata lain, presentasi ini dilakukan seorang diri. Mulai dari pembukaan, sesi tanya jawab, merangkum isi presentasi hingga penutupan presentasi diurus sendiri. Biasanya, presentasi individu dilakukan untuk tugas yang bersifat individu, tugas akhir (skripsi), dan sebagainya. 

Contoh pembukaan presentasi individu dengan audiens masyarakat 

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Puji syukur atas nikmat yang Tuhan limpahkan sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada pagi hari ini. Bapak dan Ibu yang saya hormati, saya sangat senang dapat hadir di hadapan Bapak/Ibu sekalian.

Perkenalkan, saya Syifa dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten X. Di sini izinkan saya selama 30 menit ke depan untuk menjelaskan kepada Bapak dan Ibu mengenai Pentingnya Membuat Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. 

Di akhir presentasi ini, nantinya Bapak dan Ibu dapat memahami manfaat-manfaat dari adanya pengelolaan sampah dalam rumah tangga. Selain itu, juga ada kiat-kiat yang dapat dilakukan agar pengelolaan tersebut berjalan dengan maksimal dan minim hambatan.” 

Contoh pembukaan presentasi individu pada tugas akhir (skripsi) 

“Siap terima kasih Bapak/Ibu (sebutkan nama sekretaris sidang) atas waktu yang sudah diberikan kepada saya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. 

Yang saya hormati bapak … dan ibu … sebagai penguji serta bapak … sebagai pembimbing saya sekaligus sebagai notulen di sidang ini. Mohon izin untuk memperkenalkan diri, saya … dengan NIM … dari prodi …”

Pada kesempatan kali ini (sebutkan hari dan tanggalnya) saya akan membawakan tugas akhir saya dengan judul … Alasan mengapa saya memilih judul ini karena (sebutkan rumusan masalahnya secara singkat). Baiklah , saya akan memulai presentasi saya.” 

2. Presentasi Kelompok

Presentasi kelompok adalah presentasi yang dilakukan secara berkelompok. Presentasi jenis ini umumnya dilakukan untuk tugas sekolah atau kuliah, baik yang berbasis teori maupun praktik. 

Pada presentasi kelompok biasanya juga terdapat pembagian kerja. Anggota yang bertugas sebagai moderator inilah yang akan menyampaikan pembukaan dan penutupan presentasi kelompoknya. Dia juga yang akan mengatur jalannya sesi tanya jawab. 

Contoh pembukaan presentasi kelompok di ruang kelas dan kuliah

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi, Bapak guru dan teman-teman lainnya yang berbahagia. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. karena telah memberikan rahmat sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini. 

Perkenalkan, saya Laras yang akan bertugas sebagai moderator dalam diskusi kali ini mengenai materi Keteraturan Sosial. Adapun anggota kelompok saya terdiri dari Rara, Dina, Pipit, dan Indri. 

Baik teman-teman, langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, sebelum itu marilah kita mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya, penyampaian materi saya persilakan kepada Rara untuk menjelaskan materi yang pertama.”  

Contoh pembukaan presentasi kelompok di tempat kerja

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat-Nya kita bisa berkumpul di sini. 

Perkenalkan kami dari tim content creative yang terdiri dari saya Alvin lalu ada teman saya Rizki dan Fiki. Di sini izinkan kami selama 30 menit ke depan menyampaikan hasil training kami. Training ini kami ikuti selama 2 hari melalui zoom meeting. 

Baik, kita langsung saja ke pembahasan. Topik yang dibahas kemarin itu ada dua, yakni riset konten dan optimasi konten. Untuk topik pembahasan yang pertama, saya persilakan kepada Rizki untuk menjelaskannya. Sementara itu, untuk topik kedua, akan dijelaskan oleh Fiki.”  

Nah, itulah beberapa informasi mengenai pembukaan presentasi. Meskipun tujuan utamanya untuk menyampaikan informasi, ide/gagasan ke orang lain, tetapi kamu sebagai pembuka presentasi sekaligus penyampai informasi perlu untuk memperhatikan audiens. Dengan demikian, presentasi dapat berjalan dengan lancar. Penulis: Ninik Pratiwi/UNS

Pertanyaan umum tentang pembukaan presentasi

Bagaimana kalimat pembuka presentasi kelompok?

Hal paling penting untuk pembukaan presentasi mewakiliki kelompok adalah menerangkan dan menyebutkan siapa saja yang ada di dalam kelompoknya, apalagi jika tugas kuliah. Tujuannya supaya tercatat juga dalam penilaian. Contohnya,Perkenalkan, saya Laras yang akan bertugas sebagai moderator dalam diskusi kali ini mengenai materi Keteraturan Sosial. Adapun anggota kelompok saya terdiri dari Rara, Dina, Pipit, dan Indri.

Cara pembukaan presentasi kelompok yang baik?

Pembukaan presentasi secara umum sudah dilakukan, yaitu memberikan salam, menyapa audiens, memperkenalkan diri dan bisa dengan menanyakan sebuah masalah kepada audiens supaya ada interaksi.

Apa itu opening presentasi?

Opening presentasi dilakukan supaya isi dari presentasi menarik untuk didengarkan. Dengan opening yang baik, maka potensi audiens untuk melihat dan memerhatikan presentasi menjadi lebih besar.

Salam pembuka presentasi?

Hal yang paling penting saat membuka presentasi adalah dengan mengucapkan salam. Bisa sesuai dengan agama dan budaya masing-masing ataupun juga bisa salam sapaan yang lebih umum seperti, “selamat pagi”, “selamat sore” dan sebagainya.

Topik: ,

Ingin dapat Diskon Beli Buku Setiap Bulan Hingga 35%? Yuk, isi data emailmu!

Bagikan Artikel Ini

Buku Asuhan Keperawatan Gawat Darurat

Asuhan Keperawatan Gawat Darurat

Asuhan keperawatan kegawatdaruratan menjadi cabang ilmu yang cukup diminati. Terlepas dari itu semua, jurusan ini pun memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan banyak dibutuhkan oleh

Ada yang bisa Bang Jon Bantu?

Bantuan, transaksi, reseller dan pertanyaan umum

Ingin pengadaan buku/bahan pustaka dan kerjasama?