E-Book Membonsai Pemrograman Dinamis untuk Pencarian Solusi Optimal
Kata “Graf” seringkali dimaknai dengan sejumlah titik yang saling terhubung oleh jaringan. Kita juga harus menambahkan nilai pada titik atau garisnya untuk memberikan arti pada graf. Ada beberapa istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan titik dan garis. Untuk garis misalnya, orang biasa menyebutnya juga dengan busur, line, edge, atau arc. Sedangkan titik, sebutan lainnya adalah simpul, node, vertex, atau vertice. Dalam buku ini, kita akan sepakati untuk menggunakan penamaan titik dan garis secara konsisten.
Selanjutnya, kita perlu mengenali penggunaan arah panah di dalam graf. Garis antar titik dapat memiliki arah panah maupun tidak. Arah panahnya pun dapat digambarkan hanya satu atau dua arah panah. Di dalam literatur teori graf, garis dengan dua arah panah diartikan sama dengan garis yang tidak memiliki arah panah, yaitu sama-sama artinya arahnya bolak-balik. Sedangkan, garis yang memiliki satu arah panah maka jelas diartikan hanya memiliki satu arah.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
- Graf
- Memodelkan Permasalahan ke dalam Graf
- Pendekatan Matematika Diskrit
- Membonsai Pemrograman Dinamis
E-Book Membonsai Pemrograman Dinamis untuk Pencarian Solusi Optimal ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish Digital